Beranda Warta Cerita Refleksi dan Rencana Aksi Tangani Kumuh Purworejo

Refleksi dan Rencana Aksi Tangani Kumuh Purworejo

Cerita Jawa Tengah Purworejo Lokakarya Comments (0) View (278)

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan kegiatan penanganan kumuh di Kabupaten Purworejo 2020 ini maka Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo melalu Pokja PKP bersama dengan Tim Kotaku Purworejo menginisiasi perlunya pelaksanaan kegiatan Lokakarya refleksi dan rencana aksi penanganan kumuh Kabupaten Purworejo. Target utama pelaksanaan kegiatan lokakarya ini adalah adanya kesamaan pemahaman dan langkah seluruh stakeholders tentang capaian penanganan kumuh Kabupaten Purworejo sampai dengan 2019 dan rencana strategis penanganan sisa kumuh yang belum terselesaikan sampai dengan 2019.

Kegiatan Lokakarya refleksi dan rencana aksi penanganan kumuh Kabupaten Purworejo dilaksanakan beberapa waktu silam di Aula Bappeda Kabupaten Purworejo yang menghadirkan unsur Pokja PKP Kabupaten Purworejo, Camat Kecamatan Kutoarjo dan Kecamatan Purworejo, tujuh Lurah yang masih masuk katagori SK Kumuh pada 2020 dan Tim Korkot serta Tim Fasilitator Kotaku Kabupaten Purworejo. Narasumber dan pemapar dalam Lokakarya refleksi dan rencana aksi ini dari unsur Pokja PKP yang diwakili oleh Bappeda, Perkimtan Kabupaten Purworejo serta Korkot Kotaku Kabupaten Purworejo.

Penyampaian materi paparan dari Bappeda Kabupaten Purworejo lebih menekankan kepada kebijakan penangangan kumuh Kabupaten Purworejo yang sudah tertuang didalam perencanaan RPJMD Tahun 2016-2021, sehingga dengan adanya lokakarya ini diharapkan bisa memastikan target pengurangan kumuh secara signifikan sampai dengan 2021. Sedangkan paparan dari Perkimtan Kabupaten Purworejo lebih menekankan kepada realisasi dan capaian kegiatan penanganan kumuh Kabupaten Purworejo sampai dengan 2019.

Berdasarkan hasil paparan dari Perkimtan Kabupaten Purworejo bahwa dari jumah luasan kumuh 2014, sebanyak 197, 41 Ha yang sudah tertangani sampai 2019 sebanyak 92,93 Ha, dan sisa hektar kumuh hingga 2019 di Kabupaten Purworejo sebanyak 104,48 Ha. Sisa kumuh tersebut yang akan menjadi target penanganan kumuh sampai dengan 2022, yang tersebar di tujuh kelurahan yang akan ditetapkan sebagai lokasi kumuh 2020 ini.

Hasil refleksi capaian pengurangan kumuh yang sudah disampaikan di lokakarya di tingkat kabupaten tersebut nantinya akan menjadi dasar dan acuan semua pelaku untuk fokus penanganan kumuh di wilayahnya masing-masing. Di tingkat kelurahan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan lokakarya refleksi capaian dan rencana aksi penanganan kumuh. Setelah semua kelurahan nantinya sudah melaksanakan kegiatan lokakarya refleksi capaian penanganan kumuh di wilayahnya, selanjutnya akan dilaksanakan lokakarya rencana aksi dan kolaborasi di tingkat kabupaten yang direncanakan akan dilaksanakan di bulan Agustus 2020.[Jateng]


Penulis: Zulfikar, Korkot Kabupaten Purworejo
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.