Beranda Warta Cerita BKM-KPP Sukma 'Motor' Warga Kampong

BKM-KPP Sukma 'Motor' Warga Kampong

Cerita Aceh Subulussalam BKM KPP Comments (0) View (172)

Di penghujung Juli 2020 BKM Suka Maju (Sukma) Kampong Suka Maju didampingi oleh tim fasilitator sosial Herizal Yanur telah melakukan musyawarah rembug penguatan kepada kelompok pemafaatan pemeliharaan (KPP Sukma) dengan tujuan mengingatkan kembali kepada KPP Sukma apa tugas peran dan fungsi mereka sebagai kelompok pemanfaatan pemeliharaan yang telah dipilih secara demokrasi oleh masyarakat dan lembaga BKM kampong suka maju, tim pendamping tidak bosan-bosannya mengingatkan tupoksi tersebut kepada pengurus KPP Sukma.

Sebagai ujung tombak penjaga pemeliharaan dan pemafaatan kegiatan KOTAKU yang sudah dibangun di Kampong Suka Maju KPP Sukma sangat diharapkan oleh warga dan BKM menjadi motor penggerak dalam mengawal semua kegiatan pemeliharaan dan pemafaatan infrastruktur KOTAKU.

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator BKM Sukma, Hamka. Dalam pernyataannya, beliau sangat mengharapkan kinerja KPP Sukma untuk menjaga, memelihara, merawat dan memafaatkan apa yang telah dibangun oleh program KOTAKU di Kampong Suka Maju ini. Sebelum dilakukan rembug musyawarah ini KPP Sukma seperti mati suri tidak ada rasa kepedulian terhadap apa yang telah dibangun di kampong mereka tapi setelah rembug musyawarah dilakukan mulai ada kepedulian dari pengurus KPP untuk menjalankan tupoksi seperti apa yang telah disampaikan dan ditegaskan oleh fasilitator sosial Herizal Yanur.

Untuk mendukung berjalannya kelembagaan BKM dan KPP, fungsi sekretariat juga turut menjadi andil di dalam perkembangan program itu sendiri. Hal senada yang disampaikan oleh Husen yang menjabat sebagai sekretariat BKM Sukma. Beliau memberi pandangan tentang keberlansungan KPP Sukma, dimana KPP ini kedepan membawa tanggung jawab yang sangat besar terhadap pemeliharaan semua bangunan infrastruktur yang telah ada di Kampong Suka Maju dan juga diharapkan KPP ini mampu membawa perubahan terkait keindahan dan kebersihan lingkungan.

Untuk mensukseskan program-program BKM dan KPP ini perlu dukungan dan keterlibatan semua elemen masyarakat yang ada di Kampong Suka Maju. Untuk itu, nahkoda kampong Geuchik Anang Munthe diselah-selah penutupan rembug dengan KPP menghimbau kepada seluruh warga Kampong Suka Maju supaya bekerja sama dengan BKM dan KPP Sukma demi terjaga dan terpeliharanya semua bangunan yang telah ada di Kampong Suka Maju ini. "Insya Allah kalau dengan komitmen yang telah kita sepakati bersama semua permasalahan dan kendala akan muda kita lewati bersama" .[Aceh]


Penulis: Herizal Yanur, Fasilitator Sosial Kota Subulussalam
Program Kotaku Provinsi Aceh

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.