Beranda Warta Cerita BKM Randumuktiwaren Sebar Bansos Pandemi

BKM Randumuktiwaren Sebar Bansos Pandemi

Cerita Jawa Tengah Pekalongan Covid-19 BKM Comments (0) View (204)

Perjalanan BKM sebagai mitra strategis Pemerintah Desa merupakan hal yang tidak dapat diabaikan. Hal ini cukup dirasakan juga oleh Warga Desa Randumuktiwaren, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Dengan inisiatif dan komunikasi menerus antara Tokoh Masyarakat yang juga dipercaya menjadi Anggota BKM dengan Pemerintah Desa, menjadikan penyelesaian permasalahan dan kesulitan yang dihadapi oleh Pemerintah Desa Randumuktiwaren menjadi lebih ringan. Dan sudah menjadi kegiatan rutin per tahun, BKM Jaya Abadi ini menyelenggarakan kegiatan social dari hasil laba UPK. Dari tahun ke tahun kegiatan social ini dalam bentuk santunan kepada anak yatim maupun lansia atau dalam bentuk beasiswa kepada anak sekolah.

Di tahun 2020, sangat berbeda dalam wujud berbaginya kepada warga. Hal ini terbukti pada saat seluruh dunia sedang diuji dengan pandemi Virus Corona 19, dan berdampak negatif pada semua sektor kehidupan warga, khususnya di Desa Randumuktiwaren sehingga, BKM bekerjasama dengan Pemerintah Desa Randumuktiwaren dan Organisasi Tingkat Desa lainnya bersinergi dalam memberikan informasi yang tepat tentang Pencegahan Penyebaran CoViD19 kepada masyarakat. Pemberian informasi dalam bentuk Sosialisasi dan Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat ini sangat penting dilakukan, mengingat penyebaran CoViD-19 cukup cepat dan mematikan bagi warga yang rentan (lansia dan yang memiliki penyakit bawaan khususnya Diabetes Type 1, Kardiovaskuler, Pernafasan, Ginjal, dan Kanker). Selain Sosialisasi dan Penyuluhan, BKM Desa Randumuktiwaren juga menyalurkan Bantuan Sosial (Proteksi Sosial) dari Alokasi Laba UPK BKM Desa Randumukti Waren tahun 2019.

Anggaran yang disediakan dari Alokasi Laba UPK untuk Kegiatan Sosial Tahun 2019 sebesar Rp. 5.580.000,- yang dibelanjakan untuk pengadaan Masker Non Medis sejumlah 600 buah, dan pembangunan Posko Pencegahan & Pemantauan CoViD-19 bersama Pemerintah Desa Randumuktiwaren Kecamatan Bojong (digunakan untuk konsumsi Relawan posko COVID-19 sejumlah 9 orang, pembelian terpal plastik, alkohol 70%, cairan desinfektan dan alat semprot desinfektan). Penyediaan masker Non Medis bekerjasama dengan KSM konveksi (buruh jahit) pengakses Pinjaman Dana Bergulir UPK BKM Desa Randumukti Waren. Sedangkan penerima masker dan pemanfaat Posko COVID19 terdiri dari warga masyarakat Desa Randumukti Waren yang belum menerapkan protokol kesehatan COVID19, warga lansia dan penduduk desa yang datang dari luar kota.

Dalam kegiatannya, cukup banyak apresiasi yang diberikan oleh masyarakat desa dan hal itu merupakan salah satu tujuan dari adanya kegiatan ini, yaitu membahagiakan masyarakat karena merasa diperhatikan. Dan tujuan yang lebih utama adalah memberikan perlindungan kesehatan masyarakat melalui pencegahan penyebaran infeksi virus CoViD-19 (memakai masker dan menggantinya setiap 4 jam sekali untuk dicuci, 6 langkah cuci tangan pakai sabun*, menjaga jarak efektif penularan) dan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sehingga diharapkan tidak terjadi penurunan pendapatan akibat adanya warga yang terdampak CoVid-19. Semoga Pandemi ini segera berakhir, dan warga masyarakat dapat beraktifitas dengan normal kembali. Aamiin.[Jateng]


Penulis: Wisnu Erry Wicaksono, Tim Media Kabupaten Pekalongan
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.