Beranda Warta Cerita BKM, Sebuah Manifestasi Nilai Kebaikan

BKM, Sebuah Manifestasi Nilai Kebaikan

Cerita Gorontalo BKM BPM Infrastruktur Comments (0) View (230)

Peranan pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Huyula dalam pembangunan infrastruktur dasar di Kelurahan Bolihuangga, Kecamatan Limboto, sangat besar pengaruhnya di dalam melaksanakan kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Berbagai kegiatan telah difasilitasinya termasuk Tahun ini, dimana BKM Buyula Kelurahan Bolihuangga masih dipercaya mengelola dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Satu Milyar Rupiah.

Dana BPM dilaksanakan di beberapa kegiatan diantaranya, jalan paving block, 608 m, jalan beton 454 meter, drainase lingkungan 792 meter, saluran pembuangan limbah rumah tangga 245 meter, MCK Mandi + Cuci + Kakus 2 Unit. BKM sebagai manifestasi nilai kebaikan di Kelurahan Bolihuangga bersama Koordinator BKM Raymon Djunu, selain berhasil mambatu manyarakat terutama menata lingkungan permukiman melalui pembangunan Lima Infrastruktur dasar, juga telah berhasil mengangkat citra BKM Huyula dengan terpilihnya salah satu anggota BKM menjadi Wakil Anggota DPRD Gorontalo yaitu Asin U. Menu. Asin U. Menu sekarang ini selain sebagai Anggota BKM Huyula sekaligus sebagai anggota DPRD Kabupaten Gorontalo.

Team Leader Kotaku OSP-8 Provinsi Gorontalo Ilham Hamid bersama Monev. Riswan Feizal melakukan kunjungan lapangan melihat langsung kegiatan pelaksanaan padat karya program Kotaku BPM Tahun anggaran 2020. Pada kunjungan tersebut didampingi lansung oleh Koordinator BKM Huyula Raymon Djunu bersama anggota BKM Asin U. Menu sekaligus anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Tiga Priode. Pada kunjungan lapangan di Kelurahan Bolihuangga Ilham Hamid dan Riswan Feizal melihat lansung kegiatan Jalan Paving block dengan Volume 608 meter dan pembangunan MCK Dua Unit.

Ilham Hamid menyampaikan bahwa kemungkinan Tahun kedepan anggaran untuk kegiatan Program Kotaku akan menggunakan APBN murni. Dan ini jika dikaitkan dengan APBN murni biasa kebijakannya sedikit sangat tergantung pada persoalan politik dan ini banyak dipengaruhi siapa yang akan menjadi anggota DPR nya. “Kata Ilham Hamid”. Asin U. Menu anggota BKM Huyula sekaligus sebagai anggota DPRD Gorontalo Tiga priode mengatan bahwa, kami siap mengawal kebijakan tersebut.

Kunjungan lapangan Ilham Hamid dan Riswan Feizal dilaksanakan pada Hari Sabu, 19 September 2020 di Kelurahan Bolihuangga. Pada kunjungan tersebut sempatkami melakukan mewawancara Asin U. Menu Anggota BKM Huyula dan Anggota DPRD kabupaten Gorontalo Tiga Priode. ”Saya hari ini sebagai anggota BKM Huyula dan sekaligus sebagai anggota DPRD Gorontalo terkait dengan program Kotaku hari ini kami selaku Tokoh masyarakat yang ada di Kelurahan Bolihuangga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang terkait diprogram Kotaku. Dan Alhamdulillah Dua Tahun berturut telah mendapatkan anggaran, dan cukup besar antusias masyarakat menerima program ini. Dengan harapan kedepan tuntas kumuh itu, tetapi tetak akan berkelanjutan karena masih ada lingkungan-lingkungan yang sangat berharap untuk mendapatkan program Kotaku kedepan”. Kata Asin U. Menu.

Contoh figuratif yang difragmentasikan oleh sosok Asin U. Menu yang orangnya sangat sederhana, tapi komitmen dan konsisten memperjuangan kepentingan masyarakat, termasuk orang-orang yang kurang mendapatkan perhatian selama ini. Melalui BKM Huyula Kelurahan Hunggaluwa Dia Asin U. Menu membuktikan perjuangannya membela kepentingan masyarakat termasuk dalam membangun dan menata lingkungan di Kelurahan Hunggaluwa. Salut dengan kepribadianya yang sangat bersahaja, Asin U. Menu pun menerima hasil perjuangannya selama ini berkiprah di BKM Huyula. Terbukti sudah Tika kali priode terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo.

Lakon Asin U. Menu, sosok Ibu yang sangat sederhana dan komitmen memperjuangkan nilai-nilai universal dan nilai-nilai kemasyarakatan patut kita apresiasi. Semoga saja kedepannya terutama di BKM Huyula Kelurahan Bolihuangga akan lahir banyak Asin-Asin baru, yang konsisten dan komitmen pemperjuangkan kepentingan orang banyak. Terutama masyarakat yang selama ini belum banyak mendapat perhatian dan bantuan dari instansi terkait.

Semoga dengan kepribadian yang diorkestrasikan oleh Asin U. Menu dapat menginspirasi oleh kita semua. Sehingga konsep melembagakan orang-orang baik masuk pada satu lembaga tertentu, tidak saja di Kelurahan Bolihungga dapat terlaksana. Kedepan di Kelurahan lain pun khususnya di Kabupaten Gorontalo Desa dan Kelurahan lainnya program Kotaku dapat mencontohi seperti yang ada di BKM Huyula Kelurahan Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.[Gorontalo]


Penulis: Mustar Musyahri, Sub Prof Sosialisasi OSP 8
Program Kotaku Provinsi Gorontalo

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.