Beranda Warta Berita Kunjungan Presiden IsDB ke Kawasan Ketapang – Mauk Kabupaten Tangerang Banten

Kunjungan Presiden IsDB ke Kawasan Ketapang – Mauk Kabupaten Tangerang Banten

Kotaku Kunjungan Lapangan Banten Kab Tangerang Mauk berita NSUP IsDB Skala Kawasan Comments (0) View (254)

Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Mohammed Al Jasser, Resident Representative Regional Hub Indonesia Salah Jelassi didampingi Kepala Sub Direktorat Kawasan Permukiman Wilayah II Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Soelistianing Kusumawati dan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengunjungi Kawasan Mauk di Desa Ketapang Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, pada Senin, 18 Juli 2022. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melihat lokasi pekerjaan peningkatan kualitas permukiman kumuh National Slum Upgrading Project (NSUP) dalam hal ini Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku),  yang didanai oleh Pinjaman Luar Negeri lslamic Development Bank lsDB. Ia berkeliling melihat Sky Deck, Konservasi Mangrove, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), jembatan, dermaga, pembangunan pusat kuliner, jembatan, dermaga, berdialog dengan para penerima manfaat, melihat kondisi tambak ikan dan menanam Mangrove.

Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Mohammed Al Jasser merasa sangat senang bisa menyaksikan keberhasilan dari Program Kotaku dalam menata Kawasan Mauk, “Saya senang mendengar banyak pihak mendapat manfaat dari program ini, inilah yang disebut sebagai Efek Multiplier. Program ini adalah bukti dedikasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menciptakan lapangan dan peluang kerja melalui budidaya perikanan, mangrove, tambak udang yang dulu tidak bisa dilakukan karena pencemaran. Ia berharap program seperti ini dapat diduplikasi di seluruh Indonesia karena masih banyak penduduk yang memerlukan pekerjaan”.

Turut mendampingi Presiden IsDB dalam kunjungan tersebut rombongan  dari IsDB Project Management Specialist Regional Hub Indonesia Mohamad Adhi Dipo, Wakil Project Management Unit (PMU) NSUP – CERC Astriana Harjanti, PPK Manajemen Pembinaan II Mokhamad Fakrur Rifqie, Kepala Balai Sarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten Yoza Habibie dan jajarannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Taufik Emil, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jainuddin dan Dinas Perikanan, Camat Mauk Arif Rahman, Lurah Ketapang Khatibul Umam dan perangkat daerah terkait.  

Cakupan wilayah pelaksanaan NSUP IsDB meliputi 4.924 kelurahan/desa yang tersebar di 116 kabupaten/kota dan 15 provinsi di Indonesia, meliputi seluruh Pulau Sumatera, Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Adapun capaian Program NSUP IsDB periode tahun 2017-2021 dalam pengurangan kawasan kumuh mencapai lebih dari tiga belas ribu (13.094) hektar, sehingga melebihi target 6.700 hektar, dengan total penerima manfaat sebanyak 7,11 juta orang, melebihi target yang ditetapkan 2 juta orang. Selain itu program NSUP IsDB mampu mendorong terciptanya lapangan kerja dan meningkatkan partisipasi dan kemandirian masyarakat. Program NSUP juga berupaya membantu masyarakat yang terdampak  bencana Covid-19 melalui program padat karya dan Cash For Works (CFW), dengan jumlah tenaga kerja (penerima manfaat) mencapai 67.779 orang (1.609.748 HOK).

Salah satu platform Program Kotaku (NSUP) Kementerian PUPR adalah kolaborasi dalam mengatasi permasalahan kumuh.  Dalam penataan Kawasan Ketapang, Program Kotaku membangun jembatan, pedestrian, drainase, TPI dan tambatan perahu nelayan. Kolaborasi yang terbangun berupa pembangunan rumah sebanyak 71 Unit melalui DAK Integrasi, jalan dan drainase, share septick, perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 18 unit melalui Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF). Pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang juga bersinergi menggerakan masyarakat melalui berbagai program untuk meningkatkan kualitas hunian masyarakat pesisir, pemberdayaan nelayan dan konservasi lingkungan hidup. Kawasan Mauk berhasil menjadi kawasan konservasi Mangrove dan ekowisata Ketapang Agriculture. [KMP 1]

Penulis: Tim KMP Kotaku

Editor: Vhany Medina  

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.