Beranda Warta Cerita Perubahan Wajah Kawasan Kampong Amau Belitung

Perubahan Wajah Kawasan Kampong Amau Belitung

Cerita Kotaku Babel Skala Kawasan Jalan Drainase RTP Kumuh Kawasan Comments (0) View (330)

Kawasan Kampong Amau, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan kawasan strategis kota dari segi fungsi daya dukung lingkungan hidup dan kepentingan pertumbuhan ekonomi serta pendukung wisata perkotaan. Namun sayangnya kawasan ini masuk kategori kumuh dengan luas 17,29 hektar / 16,76 % dari luas kumuh Kabupaten Belitung. Permasalahan kumuh di area tersebut mulai dari akses jalan yang sempit tidak sesuai dengan standar teknis, tidak ada tempat sarana bermain anak, tidak adanya sistem pengolahan persampahan dan limbah. Penanganan Kawasan Kampong Amau tidak hanya mengatasi permasalahan kekumuhan, kegiatan skala kawasan ini juga menata pinggiran Sungai Siburik yang selalu menyebabkan banjir di area permukiman warga.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) memulai pelaksanaan kegiatan pembangunan skala kawasan pada tanggal 28 Mei 2021 dan selesai pada 21 Februari 2022 dengan melibatkan 84 orang pekerja. Cakupan kegiatan meliputi drainase, jalan promenade, peningkatan jalan aspal, taman lingkungan.  Setelah adanya penataan kini Kawasan Kampong Amau berubah wajah menjadi lebih bersih, asri, masalah banjir sudah teratasi, ada area untuk anak-anak bermain, orang dewasa berkumpul untuk rapat atau sekedar melepas lelah sambil duduk-duduk di taman. Akses jalan sudah lebih lebar sehingga jika dulunya hanya cukup dilalui oleh kendaraan roda dua, sekarang mobil ambulans dan mobil pemadam pun sudah bisa masuk. Total penerima manfaat laki-laki 1644 orang, dan perempuan 1731 orang, MBR 261 orang bisa menikmati langsung hasil pembangunan yang diinisasi oleh Program Kotaku dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Pembebasan lahan untuk kegiatan skala kawasan melalui dana APBD, pemasangan listrik di RTP, pengadaaan vegetasi tanaman untuk penghijauan di RTP juga dari dana APBD. Bantuan alat incinerator (alat pembakar sampah dengan suhu tinggi tanpa asap) dari Bank BNI. Hampir semua pihak termasuk Warga Terdampak (WTP) sangat antusias menerima adanya penataan Kawasan Kampong Amau yang diharapkan memiliki potensi untuk pengembangan wisata baru di Kabupaten Belitung.

Pada tanggal 22 April 2022 dilakukan serah terima pekerjaan pertama / Provisional Handling Over (PHO) kemudian dilanjutkan kegiatan serah terima pengelolaan sementara dari kepala satuan kerja pelaksanaan prasarana permukiman Provinsi Kep. Bangka Belitung kepada Bupati Belitung pada tanggal 27 Juni 2022. Bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung dilakukan peresmian pada tanggal 21 Juli 2022, dalam sambutannya Bupati Belitung, Sahani Saleh berpesan untuk menjaga yang sudah terbangun, dan selalu menjaga kebersihan bersama.  Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Wakil Bupati Belitung, BPPW, OPD, Pokja PKP, Forum PKP, Camat, Lurah, BKM, KPP, dan Masyarakat. [Redaksi/Babel]

Penulis: Tim Komunikasi KMP Kotaku/OC Kotaku Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 

Editor: Vhany Medina

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.