Beranda Warta Cerita Rumah Layak Huni Impian Warga Kelurahan Rahmah

Rumah Layak Huni Impian Warga Kelurahan Rahmah

Kotaku Kumuh Infrastruktur Rumah Rehab RLTH Layak Huni Sumsel Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan CSR SMF Pemkot BSPS Comments (0) View (255)

“ Kemarin kito bejemur ngedata, trus rapat – rapat terus. Ternyato hasilnyo dak didugo” (Kemarin kita berpanas – panasan melakukan pendataan, lalu rapat sampai berkali – kali. Ternyata hasilnya tidak disangka “ Ujar Pak Parjiman selaku Koordinator LKM Ar – Rahmah Kelurahan Rahmah Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau. Kelurahan rahmah merupakan salah satu kelurahan SK Kumuh berdasarkan SK Walikota tahun 2019. Pada Bulan November 2020 LKM Ar – Rahmah melakukan update data baseline yang mana salah satu dari pendataan ini adalah masih banyaknya Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)  di Kelurahan Rahmah Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan ini Langkah yang dilakukan oleh para pendamping Program Kotaku adalah menindaklanjuti dengan koordinasi berjenjang mulai dari kelurahan, kecamatan hingga Dinas Perumahan dan Permukiman Kota (pemkot) Lubuklinggau. Program Kotaku berkolaborasi dengan Pemkot Lubuklinggau dan PT. Sarana Multigriya Financial (SMF) Persero. Melalui kegiatan CSR Program Bina Lingkungan  PT. SMF menyalurkan dana bantuan sebesar 2 Milyar yang dimanfaatkan untuk rehab rumah untuk 31 Unit Rumah di 3 RT dari 12 RT dalam satu hamparan kawasan di Tahun 2021.

Warga dengan kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang rumahnya mendapat perbaikan tentunya merasa sangat senang, ibarat mendapat rejeki durian runtuh.  Rasa bahagia sangat jelas terpancar dari raut wajah penerima manfaat. Para penerima manfaat juga menyepakati sebesar 20% dari nilai bantuan akan dikembalikan secara diangsur yang selanjutnya dana tersebut diperuntukkan rehab rumah bagi MBR yang belum dapat rehab rumah. Dan telah terealisasi sebanyak 10 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang total diperbaiki. “Kami sangat bahagia dan bersyukur, berkat bantuan Pemerintah Kota Lubuklinggau dan PT. SMF melalui Program Kotaku rumah yang sudah puluhan tahun kondisinya seperti ini bisa dibangun dengan bagus”. Ujar Musirah selaku penerima manfaat.

Selain itu, pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman juga mengalokasikan rehab ringan untuk 72 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di 9 RT Lainnya melalui program BSPS. “Kita kolaborasikan kegiatan ini agar tuntas satu permasalahan secara langsung dalam satu kelurahan ” Tegas Trisko Defriansyah selaku Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman. [Redaksi/Sumsel]

Penulis: M. Rovie Kuswana, Korkot 2 Kota Lubuklinggau, Kotaku Provinsi Sumatra Selatan

Editor: Vhany Medina

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.